Ciri Hewan (Animalia) Berdasarkan Susunan Tubuh Adalah

Animalia (hewan) adalah organisme eukariotik, multiseluler, tidak memiliki dinding sel, & tidak memiliki klorofil, sehingga tidak dapat berfotosintesis. Hewan bersifat heterotrof dan dapat bergerak untuk mencari makanan atau mempertahankan diri dari musuh. Hewan di bumi lebih dari satu juta spesies & bentuknya bervariasi. Sebagian besar spesies binatang hidup di air. 

Penyusun Jaringan Tubuh 

Berdasarkan ada tidaknya jaringan penyusun tubuh, hewan dibedakan menjadi dua, yaitu parazoa & eumetazoa. 
  • Parazoa merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki jaringan sejati, contohnya pada Porifera. 
  • Eumetazoa adalah merupakan kelompok hewan yang telah memiliki jaringan sejati, misalnya pada filum hewan lain (Cnidara, Anellida, Nematoda, Mollusca, dan lain-lain). 

Bentuk Simetris Tubuh Eumetazoa 

Berdasarkan kesimetrisan tubuhnya, eumetazoa dibedakan menjadi dua, yaitu radiata & bilateria. 
  1. Radiata memiliki bentuk tubuh simetris radial yang memiliki bagian tubuh atas & bawah (oral dan aboral), tanpa sisi anterior (depan) & posterior (belakang). Contoh radiata adalah filum Cnidaria dan Echinodermata. 
  2. Bilateria memiliki sisi dorsal (atas) & ventral (bawah), sisi anterior dan posterior, serta sisi kanan dan kiri. Contoh hewan bilaterian adalah filum Platyhelminthes, Nematoda, Annelida, Mollusca, Arthropoda, & Vertebrata. 

Berdasarkan lapisan embrionik 

Berdasarkan lapisan embrioniknya, hewan dibagi menjadi hewan diploblastik dan hewan triploblastik. 
  • Hewan diploblastik hanya memiliki dua lapisan embrionik (endoderm dan ektoderm). Contoh hewan diploblastik adalah golongan Coelenterata (filum Cnidaria & Ctenophora). 
  • Sedangkan hewan triploblastik memiliki tiga lapisan embrionik (endoderm, mesoderm, dan ektoderm). Contoh hewan triploblastik adalah Filum Platyhelminthes, Nematoda, Annelida, Mollusca, Arthropoda, & Vertebrata. 

Hewan triploblastik dibedakan menjadi tiga, yaitu; 

  1. Triploblastik aselomata, adalah hewan tripoblastik yang tidak memiliki rongga di antara saluran perncernaan & dinding tubuh. Contohnya pada Platyhelminthes. 
  2. Tripoblastik pseudoselomata, adalah hewan triploblastik yang memiliki rongga tubuh semu atau rongga tubuhnya tidak dilapisi oleh jaringan dari mesoderm. Contohnya pada Nematoda. 
  3. Tripoblastik selomata, adalah hewan tripoblastik yang memiliki rongga tubuh sejati yang dilapisi oleh jaringan dari mesoderm. Contohnya pada Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Vertebrata. 

Hewan dibagi menjadi dua berdasarkan ada dan tidakadanya tulang belakang. Hewan yeng memiliki tulang belakang disebut vertebrata dan hewan yang tidak memiliki tulang belakang disebut invertebrata. 

Berdasarklan klasifikasinya, hewan terbagi menjadi dua filum, yaitu filum lnvertebrata dan Chordata. Chordata adalah kelompok hewan yang memiliki korda dorsalis atau tali punggung. Chordata terbagi menjadi tiga subfilum, yaitu Urochordata, Chepalochordata, dan Vertebrata. Urochordata dan Chepalochordata adalah kelompok Chordata yang tidak memiliki tulang belakang.

Comments