Apa Saja Kerugian Yang Disebabkan Bioteknologi Modern? Sebutkan dan Jelaskan!

Bioteknologi memeberikan banyak manfaat bagi manusia, tetapi ada dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari adanya bioteknologi, seperti: 

Bioteknologi makanan transgenik bisa menimbulkan resiko kanker, tumor dll. 


Makanan transgenik meskipun aman dikonsumsi, tetapi ada beberapa pendapat juga dapat menimbulkan keracunan, resiko kanker, tumor dan alergi makanan dikarenakan makanan transgenik telah melalui perubahan (rekayasa) genetika. Contohnya tanaman jagung dimana telah direkayasa genetik di Eropa setelah di uji coba sebagai makanan tikus berakhir dengan munculnya tumor ganas pada tikus di bulan kedua setelah menyantap jagung tersebut. 

Kloning masih menjadi perdebatan, karena seolah-olah bermain­ main dengan Tuhan. 


Seperti kita ketahui sebelumnya, bahwa manusia, hewan dan tumbuhan diciptakan oleh Tuhan. Dengan adanya teknologi kloning ini, manusia juga bisa menciptakan organisme hidup sesuai keperluan yang diinginkan. Inilah bioteknologi dimana menjadi pertentangan hingga saat ini dikarenakan bertentangan dengan ajaran agama apa pun. 

Melupakan/menganak tirikan organisme non bioteknologi . 


Sebagai contoh bioteknologi pada rekayasa buah apel. Buah apel dimana telah di rekayasa genetik dengan tujuan agar apel tidak cepat busuk, manis, apel berukuran besar dan berwarna merah lebih digemari di pasaran. Sementara apel organik (non bioteknologi ) seperti apel malang yang natural jarang digemari dikarenakan memiliki rasa lebih masam, berukuran kecil, dan berwarna hijau kemerahan. Tapi apa kalian tau jika apel organik lebih kaya vitamin dan gizi dibandingkan dengan apel rekayasa genetik? 

Bioteknologi mempercepat evolusi. 


Adanya bioteknologi mampu mempercepat evolusi suatu organisme. Sebagai contoh semangka organik dan bioteknologi semangka tanpa biji. Jika seluruh petani akhirnya tergiur dengan keuntungan hasil panen bioteknologi semangka tanpa biji, maka di kemudian hari kita tidak akan menemukan kembali semangka non-bioteknologi (organik) di pasaran.

Comments