Pemerintahan Tsar Nicholas II Hingga Pemerintahan Alexander Karensky

Bukti pemerintahan Tsar Nicholas II (1868–1918) kurang memperhatikan hak politik warga negaranya sebagai berikut:
  1. Pemerintah mengizinkan pembentukan Duma (DewanPerwakilan Rakyat), tetapi keberadaan dewan ini tidak pernah dihiraukan.
  2. Pemerintahan tidak disusun secara rasional, tetapi atas dasar favoritisme. Tsar mengangkat orang-orang yang disukai untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Minggu Berdarah 

Peristiwa Bloody Sunday (Minggu Berdarah) terjadi pada 22 Januari 1905. Peristiwa ini disebabkan oleh aksi protes rakyat dimana meminta keadilan kepada Nicholas II. Peristiwa ini ditandai dengan baku tembak antara aparat keamanan dan para demonstran.

Pemerintahan Alexander Karensky 

Revolusi Rusia pada Oktober 1917 terjadi untuk menggulingkan pemerintahan kaum Kadet (Konstitusional Demokrat) yang dipimpin oleh Alexander Karensky. Pemerintahan Alexander Karensky merupakan pemerintahan yang berhasil menggulingkan pemerintahan Tsar Nicholas II pada revolusi bulan Februari 1917.

Demonstrasi buruh yang terjadi pada Oktober 1917 di Jalan Petrograd, Rusia. 

Demonstrasi ini terjadi akibat ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan Alexander Karensky. Pemerintahan Alexander Karensky dinilai lamban dalam upaya mewujudkan cita-cita Rusia sebagai negara tanpa kelas. Demonstrasi ini digerakkan oleh Lenin sebagai pemimpin Partai Sosial Demokrat yang beraliran Bolshevik.

Comments