BUMD atau perusahaan daerah diatur sesuai kebutuhan dan potensi tiap-tiap daerah

BUMD dibentuk oleh pemerintah daerah sebagai alat untuk menghasilkan pendapatan asli daerah. Contoh perusahaan daerah yang termasuk BUMD adalah PDAM, BPD, perusahaan daerah rumah potong hewan, BKK dan perusahaan daerah angkutan kota.

BUMD atau perusahaan daerah diatur sesuai kebutuhan dan potensi tiap-tiap daerah. Setiap program dan kebijakan perusahaan daerah diatur dan ditetapkan oleh pemerintah daerah melalui peraturan daerah. Oleh karena kegiatan dan modal berasal dari pemerintah daerah, laba BUMD menjadi hak pemerintah daerah dan menjadi pendapatan asli daerah.

BUMD dapat meningkatkan kapasitas produksi daerah 

BUMD dapat meningkatkan kapasitas produksi daerah. Berbagai perusahaan daerah yang didirikan pasti akan memproduksi barang dan atau jasa tertentu. Semakin banyak produksi yang dihasilkan perusahaan daerah, kapasitas produksi daerah semakin meningkat.

Bank milik daerah merupakan jenis perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah daerah sehingga termasuk salah satu jenis BUMD. Peran BUMD di antaranya sebagai penghasil pendapatan asli daerah, meningkatkan perekonomian dan perkembangan daerah, meningkatkan kapasitas produksi daerah, serta memperluas lapangan kerja dan memeratakan hasil-hasil pembangunan.

Comments