Search

Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Laut Indonesia Yang Strategis

Indonesia sejak dahulu terkenal sebagai penghasil rempah-rempah. Pedagang asing berdatangan ke Indonesia melalui jalur laut. Penduduk Indonesia pada zaman itu juga melakukan pelayaran. Sektor ekonomi kelautan sudah ada sejak dahulu. Dengan demikian, Indonesia dapat mengulang sejarah dengan mengembangkan sektor ekonomi kelautan. Pemerintah bersama masyarakat mengoptimalkan potensi kelautan dengan kegiatankegiatan ekonomi yang berbasis kelautan.

Perairan Indonesia. menghubungkan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Posisi geostrategis Indonesia bermanfaat bagi perdagangan dunia. Kapal-kapal dagang asing Eropa melalui perairan Indonesia menuju Tiongkok, Jepang, dan Korea atau sebaliknya. Oleh karena itu, perairan Indonesia mejadi lebih sibuk daripada perairan lain di dunia.

Posisinya yang strategis, menjadikan transaksi perdagangan internasional di Indonesia sangat padat. Dampak negatif dari kenyataan tersebut adalah Indonesia berpotensi menjadi konsumtif dengan posisi strategis ini. Akan tetapi, Indonesia harus fokus menjadi subjek perdagangan. Indonesia hendaknya menjadi pedagang aktif yang mempromosikan dan menjual komoditas unggul di perdagangan internasional.