Search

4 Bagian Hukum Perdata

Hukum perdata menurut ilmu pengetahuan hukum sekarang ini perdata dibagi menjadi empat bagian, yaitu hukum: 
  1. tentang diri seseorang (hukum perorangan);
  2. kekeluargaan;
  3. kekayaan terbagi atas hukum kekayaan yang absolut, hukum kekayaan yang relatif;
  4. waris.

Penjelasan masing-masing bagian perdata diatas:

  1. Hukum perorangan memuat peraturan perdata tentang manusia sebagai subjek  hukum, peraturan perihal percakapan untuk memiliki hak dan percakapan untuk bertindak sendiri melaksanakan hak-haknya itu serta hal yang mempengaruhi kecakapan. Merupakan keseluruhan norma hukum yang mengatur mengenai kedudukan orang mengenai manusia sebagai subjek hukum, bagian kecakapan bertindak dalam lalu lintas hukum, catatan sipil, ketidakhadiran, dan domisili. Termasuk kedudukan badan hukum sebagai subjek hukum perdata. 
  2. Hukum keluarga merupakan keseluruhan norma hukum yang mengatur hubungan hukum bersumber pada pertalian keluarga, misalnya perkawinan, kekuasaan orang tua, perwalian, dan pengampuan. 
  3. Hukum kekayaan merupakan keseluruhan norma hukum yang mengatur antara subjek hukum dan bagian perdata harta kekayaannya atau mengatur mengenai hak dan kewajiban yang dapat dinilai dengan uang. Hukum kekayaan yang absolut berisi hak kebendaan, yaitu hak yang memberi kekuasaan langsung atas suatu benda dan dapat dipertahankan terhadap setiap orang. Hukum kekayaan yang relatif berisi hak perorangan, yaitu hak yang timbul dari suatu perikatan dan hanya dapat dipertahankan terhadap pihak-pihak tertentu saja. 
  4. Hukum waris merupakan bagian keseluruhan norma hukum yang mengatur peralihan hak dan kewajiban di bidang hukum kekayaan dari si pewaris kepada sekalian ahli warisnya beserta akibat-akibatnya.