Search

Apa upaya peningkatan Indonesia sebagai negara yang dilalui jalur pelayaran dagang Internasional adalah?

Indonesia dilalui jalur perdagangan dan pelayaran internasional. Indonesia menjadi tempat persinggahan para pedagang, eksportir,  importir, dan distributor perdagangan dari luar negeri. Indonesia dapat melakukan peningkatan kapasitas agar mampu bersaing dengan pedagang internasional. Salah satu upayanya dengan meningkatkan kualitas produk, melakukan promosi secara internasional, dan melakukan negosiasi perdagangan dengan negara lain.

Mengapa Indonesia sering disebut sebagai negara perairan?

Indonesia terdiri atas wilayah perairan dan daratan seluas 8.300.000 km2. Perairan Indonesia lebih luas daripada daratan. Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Panjang garis pantainya sekira 108.000 km. Oleh karena itu, luasnya perairan Indonesia perlu dioptimalkan. Perairan Indonesia memiliki sumber daya alam beragam dan transportasi laut berpotensi dikembangkan.

Berapa luas ZEE Indonesia?

Luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia yaitu 3.000.000 km² (Badan Informasi Geospasial, 2018). Indonesia berhak atas sumber daya yang ada di bawah dan di atas zona tersebut. Potensi lestari sumber daya ikan Indonesia melimpah sekira 6,4 juta ton per tahun. Oleh karena itu, sektor perikanan dapat dikembangkan hingga mendukung kegiatan industri. Indonesia harus memanfaatkan potensi tersebut sebaik baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia.

Apa penyebab konflik wilayah perairan yang sering terjadi di Indonesia?

Setiap negara memiliki wilayah perairan masing-masing. Indonesia memiliki perairan bebas yang rawan konflik dengan negara lain. Konflik tersebut umumnya terjadi karena pelanggaran batas wilayah. Motif utama pelanggaran yaitu ingin mengambil sumber daya alam yang ada di dalamnya. Penyebab pelanggaran antara lain pengawasan kurang, batas perairan kurang jelas, dan berniat mengganggu stabilitas keamanan perairan Indonesia.

Apa ciri iklim Indonesia jika dilihat dari posisi geografisnya?

Posisi geografis merupakan letak suatu negara dilihat dari garis bujur dan garis lintang. Indonesia terletak pada koordinat 6°LU–11°LS dan 95°BT–141°BT. Dilihat dari posisi garis lintangnya, Indonesia terletak di lintang rendah. Daerah lintang rendah beriklim tropis yang intensitas penyinaran Matahari adalah lebih besar dibandingkan tempat lainnya. Perbedaan suhu saat musim kemarau dan hujan tidak terpaut jauh. Suhu udara cenderung hangat sepanjang tahun.