Search

Apa tegangan termal dalam pelapukan adalah?

Pelapukan tegangan termal, kadang-kadang disebut pelapukan insolasi, hasil dari ekspansi dan kontraksi batuan, yang disebabkan oleh perubahan suhu. Misalnya, memanasnya batu akibat sinar matahari atau kebakaran dapat menyebabkan perluasan mineral penyusun batu. Karena beberapa mineral mengembang lebih dari yang lain, perubahan suhu menimbulkan tekanan diferensial yang akhirnya menyebabkan batuan pecah. Karena permukaan luar dari sebuah batu seringkali lebih hangat atau lebih dingin daripada bagian dalam yang lebih terlindungi, beberapa batu dapat mengalami eksfoliasi - pengelupasan lapisan luar. Proses ini mungkin dipercepat jika es terbentuk di permukaan retak. Ketika air membeku, ia mengembang dengan kekuatan sekitar 1465 Mg / m2, menghancurkan massa batuan besar dan mencabut butiran mineral dari fragmen yang lebih kecil.

Pelapukan stress thermal terdiri dari dua tipe utama, thermal shock dan thermal fatigue. Pelapukan stres termal merupakan mekanisme penting di padang pasir, di mana ada jarak suhu diurnal yang besar, panas di siang hari dan dingin di malam hari. Pemanasan dan pendinginan berulang kali memberikan tekanan pada lapisan luar batu, yang dapat menyebabkan lapisan luarnya terkelupas dalam lembaran tipis. Proses mengelupas juga disebut pengelupasan kulit. Meskipun perubahan suhu adalah pendorong utama, kelembaban dapat meningkatkan ekspansi termal pada batuan. Kebakaran hutan juga diketahui menyebabkan pelapukan batu batu besar secara signifikan di sepanjang permukaan tanah. Panas terlokalisir yang intens dapat dengan cepat membuat mineral batu mengembang.

Panas termal dari api dapat menyebabkan pelapukan batuan dan batu besar apa pun secara signifikan, panas dapat dengan cepat mengembangkan mineral batu besar dan kejutan termal dapat terjadi sehingga mudah pecah. Perluasan diferensial dari gradien termal dapat berbentuk tegangan atau regangan, secara ekivalen. Pada titik tertentu, tegangan ini dapat melebihi kekuatan material, menyebabkan retakan terbentuk dan hancurnya batuan.