Apa Peraturan Pemerintah tentang ALKI dan Apa Tujuan ALKI adalah?

Alur laut Kepulauan Indonesia tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2002. Peraturan tersebut dibuat atas persetujuan International Maritime Organization (IMO). ALKI merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia digunakan sebagai jalur navigasi internasional meskipun dalam Hukum Laut Internasional (United Nations Convention on the Law of the Sea - UNCLOS) disebutkan perairan antarpulau merupakan bagian wilayah Indonesia. Akan tetapi, peraturan tersebut mengakomodasi jalur khusus bagi transportasi asing memasuki wilayah Indonesia dengan syarat tertentu. Aktivitas pelayaran dan penerbangan internasional dapat melalui wilayah Indonesia melalui jalur ALKI.

3 Alur Laut Kepulauan Indonesia

Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2002 menetapkan tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sebagai berikut.
  • ALKI I: Selat Sunda, Selat Karimata, Laut Natuna, dan Laut Cina Selatan.
  • ALKI II: Selat Lombok, Selat Makassar, dan Laut Sulawesi.
  • ALKI III A: Laut Sawu, Selat Ombai, Laut Banda–Laut Seram–Laut Maluku, Samudra Pasifik.

Tujuan ALKI

Indonesia memiliki alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang ditujukan bagi negara lain. Kapal dan pesawat udara dapat melakukan pelayaran dan penerbangan damai dengan normal. ALKI ditetapkan untuk menghubungkan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Pemerintah harus meningkatkan keamanan di jalur tersebut, salah satunya dengan melakukan pemantauan. Pemantauan ini bertujuan meminimalisasi terjadinya pelanggaran dan konflik.

Penetapan ALKI dimaksudkan agar pelayaran dan penerbangan internasional dapat berjalan terus, cepat, dan tidak terhalang oleh perairan dan ruang udara teritorial Indonesia. ALKI ditetapkan untuk menghubungkan dua perairan bebas, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Aspek pertahanan dan keamanan wilayah harus ditingkatkan karena rawan terjadi pelanggaran. ALKI tidak hanya berwujud rute, tetapi dilengkapi peraturan-peraturan yang harus dipatuhi pihak asing.

Peran ALKI dan Manfaat ALKI

Alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI) merupakan hak lintas laut, baik pelayaran maupun penerbangan. ALKI berperan penting dalam pelayaran dunia. ALKI berperan penting dalam pelayaran dunia karena dilalui kapal-kapal yang membawa sekira 45% dari total nilai perdagangan dunia. Manfaat alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sebagai berikut.
  1. Terbentuknya peluang promosi dan pemasaran komoditas unggulan di kawasan Indonesia Timur.
  2. Pelulang membuka outlet ekspor besar.
  3. Akses ke pusat pasar internasional terbuka lebar.
  4. Aurs investasi asing ke wilayah Indonesia meningkat.