Search

Jelaskan apa proses pengembangan sistem pencernaan janin adalah

Pengembangan sistem pencernaan

Epitel dari saluran pencernaan & organ-organ pencernaan  yang terkait dibentuk oleh tabung endodermal, sedangkan jaringan ikat & otot polos berasal dari mesoderm plat lateral splanchnic. Mesoderm menginduksi spesialisasi regional dalam endoderm.

Endoderm midgut adalah yang terakhir terlipat menjadi tabung dan tetap terhubung ke kantung kuning telur melalui tangkai kuning telur. Pembentukan septum urorektal mesodermal membagi kloaka menjadi sinus urogenital & rektum primitif. Proliferasi sel menyebabkan penutupan lumen tabung endodermal selama minggu ke 6. Lumen dibuka kembali dengan rekanalisasi pada minggu ke 8.

Kegagalan untuk rekanalisasi dapat menyebabkan stenosis, mencegah lewatnya cairan ketuban yang ditelan oleh janin yang menyebabkan polihidramramnion.

Obstruksi usus fatal pencernaan 

Peristalsis dimulai pada minggu ke-10 ketika sel-sel krista neural menyerang lapisan otot untuk membentuk sistem saraf otonom. Kegagalan migrasi sel krista neural ke hindgut distal menyebabkan megakolon aganglionik (penyakit Hirschsprung), yang dapat menyebabkan obstruksi usus fatal pencernaan.

Pola dewasa distribusi organ GI dicapai dengan herniasi fisiologis & kemudian retraksi midgut selama bulan kedua. Kegagalan loop midgut untuk kembali ke rongga perut dapat menyebabkan omphalocele atau hernia umbilikalis.

Organ pencernaan 

Organ pencernaan terkait (hati, kandung empedu, & pankreas) berasal dari pertumbuhan tabung endodermal. Komponen jaringan ikat hati berasal dari mesoderm plat lateral dan splanknik dan somatik (septum transversum). Mesoderm pelat lateral juga membentuk peritoneum dan mesenteries rongga pencernaan perut.

Proses pencernaan 

Proses pencernaan utama dalam usus kecil terjadi melalui aksi jus pankreas, yang mengandung trypsinogen, chymotrypsinogen, procarboxypeptidases, amylase, lipase, & enzim lainnya.