Apa proses pembentukan sistem pernapasan adalah

Bagian pertama dari sistem pernapasan dibatasi oleh ectoderm yang berasal dari nasal ectodermal placodes. Pada minggu keempat, divertikulum pernapasan muncul sebagai hasil perkembangan dari tabung endodermal ventral. Endoderm akan membentuk epitel pernapasan, sedangkan mesoderm plat lateral splanchnic akan membentuk elemen jaringan ikat termasuk tulang rawan, otot polos, dan pembuluh darah.

Mesoderm mengarahkan pola percabangan saluran udara yang sedang berkembang. Diafragma terbentuk dari septum transversum, dua membran pleuroperitoneal, mesenterium dorsal esofagus (tempat krura berkembang), dan bagian otot dari dinding tubuh dorsal dan lateral.

Meskipun sebagian besar alveoli tidak terbentuk sampai setelah kelahiran, paru-paru mampu melakukan pertukaran gas yang cukup setelah usia kehamilan 6,5 bulan. Respiratory distress syndrome (RDS) berkembang pada kelahiran prematur karena ketidakmatangan pneumosit Tipe II yang menghasilkan surfaktan. Surfaktan sangat penting untuk ekspansi alveoli paru; itu menurunkan tegangan permukaan antarmuka-udara dan mencegah alveoli runtuh pada akhir ekspirasi.

Tanpa surfaktan, bayi prematur menderita RDS dengan pernapasan cepat, retraksi dinding dada, suara mendengkur dengan setiap napas, dan hidung melebar. Pemisahan trakea dan kerongkongan yang tidak normal dapat menyebabkan stenosis, atresia, atau fistula trakeoesofagal (TEFs).