Siapa yang menyangkal teori abiogenesis?


Siapa yang menyangkal teori abiogenesis?

Louis Pasteur membantah teori generasi spontan abiogenesis. Teori abiogenesis generasi spontan pertama kali ditantang oleh Francesco Redi pada 1668.

Sangkalan abiogenesis Pasteur

Louis Pasteur; Pasteur membuat serangkaian wadah berbentuk labu dengan leher panjang, memutar (leher angsa), di mana ia merebus kaldu untuk mensterilkannya. Rancangan Louis Pasteur memungkinkan udara di dalam labu ditukar dengan udara dari luar, tetapi mencegah masuknya mikroorganisme yang ada di udara, yang akan terperangkap di tikungan dan tikungan leher labu. Menurut Louis Pasteur jika kekuatan hidup di samping mikroorganisme di udara bertanggung jawab atas pertumbuhan mikroba di dalam labu steril, ia akan memiliki akses ke kaldu, sedangkan mikroorganisme tidak akan melakukannya. Louis Pasteur dengan benar meramalkan bahwa kaldu yang disterilkan dalam labu leher angsa akan tetap steril selama leher angsa tetap utuh. Namun, jika lehernya patah, mikroorganisme akan masuk, mencemari labu dan memungkinkan pertumbuhan mikroba di dalam kaldu.

Sangkalan abiogenesis Francesco Redi

Dokter Italia Francesco Redi (1626–1697), melakukan percobaan pada tahun 1668 yang merupakan salah satu yang pertama yang menyangkal gagasan bahwa belatung (larva lalat) secara spontan dihasilkan dari daging yang ditinggalkan di udara terbuka (abiogenesis). Francesco memperkirakan bahwa mencegah lalat dari kontak langsung dengan daging juga akan mencegah munculnya belatung. Francesco Redi meninggalkan daging di masing-masing enam wadah. Francesco membuat dua wadah terbuka ke udara, dua ditutupi dengan kain kasa oleh Francesco, dan dua tertutup rapat. Hipotesis Francesco didukung ketika belatung berkembang di guci yang tidak tertutup, tetapi tidak ada belatung yang muncul baik di guci tertutup atau guci yang tertutup rapat. Francesco menyimpulkan bahwa belatung hanya bisa terbentuk ketika lalat diperbolehkan bertelur di dalam daging, dan belatung itu adalah keturunan lalat, bukan produk generasi spontan (abiogenesis).

Kesimpulan abiogenesis

Kedua teori ini telah mematahkan abiogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari non-organisme. Sehingga abiogenesis bukanlah asal mula kehidupan.