Sebutkan beda dan contoh besaran pokok dan besaran turunan?

  • Besaran pokok adalah besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu. Dalam Sistem Internasional (SI) terdapat  7 besaran pokok.
  • Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diperoleh dari besaran pokok. Dapat dilihat dari satuannya. Apabila bukan dari ke-7 besaran pokok maka termasuk besaran turunan.

Di dalam sains atau ilmu pengetahuan alam (khususnya fisika) besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

  • Perbedaan yang paling menyolok dari kedua besaran tersebut adalah satuan dari besaran pokok tidak dapat diurai menjadi satuan besaran yang lainnya (merupakan satuan tersendiri). Sedangkan besaran turunan walaupun disebut tunggal tetapi satuannya dapat ditulis menggunakan satuan besaran pokok.
  • Beda berikutnya besaran turunan satuannya merupakan kombinasi satuan besaran pokok.

Contoh beda besaran:

  1. Panjang mempunyai satuan meter (m). Besaran tersebut tidak dapat ditulis dengan besaran yang lain sehingga disebut dengan besaran pokok.
  2. Besaran luas mempunyai satuan meter persegi (m²), adalah besaran yang terdiri dari panjang dengan satuan m  dan lebar (panjang) satuan m. karena bukan merupakan satuan tunggal disebut dengan besaran turunan.
  3. Contoh kecepatan mempunyai satuan meter per sekon (m/s), yang terdiri dari besaran panjang satuan meter dan besaran waktu dengan satuan sekon. Maka kecepatan adalah termasuk satuan besaran turunan.
  4. Contoh gaya mempunyai satuan newton (N), walaupun merupakan besaran tunggal tetapi terdiri dari besaran massa dengan satuan kg, panjang satuan meter dan besaran waktu dengan satuan sekon, N = kg.m/s². Maka gaya adalah termasuk besaran turunan.

Berikut ini tabel beda beberapa contoh besaran pokok dan turunan, simbol besaran, satuan dan simbol satuan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Tabel 7 besaran pokok


No
Besaran pokok
Simbol Besaran pokok
Satuan
Simbol Satuan pokok
1
Panjang
L
meter
m
2
Waktu
T
sekon
s
3
Kuat Arus
I
ampere
A
4
Intensitas Cahaya
I
candela
Cd
5
Temperatur/Suhu
T
kelvin
K
6
Jumlah Zat
N
mole
mol
7
Massa
M
kilogram
kg

Tabel contoh besaran turunan


No
Besaran turunan
Simbol besaran turunan
Satuan
Simbol satuan  turunan
1
Luas
A
Meter persegi
m2
2
Volume
V
Meter kubik
m3
3
Massa Jenis
r
Kilogram/meterkubik
Kg/m3
4
Kecepatan
V
Meter/sekon
m/s
5
Percepatan
a
Meter/sekon2
m/s2
6
Gaya
F
newton
N(kg.m/s2)

Comments