Mengapa ABO Sistem penting?

Antigen golongan darah ABO tetap sangat penting dalam pengobatan transfusi, ABO Sistem adalah paling imunogenik dari semua antigen golongan darah. Penyebab kematian paling umum dari transfusi darah adalah kesalahan klerikal dimana jenis darah ABO yang tidak kompatibel ditransfusikan ke pasien.

ABO Sistem

ABO adalah salah satu metode golongan darah manusia yang paling penting. Sistem ini didasarkan pada ada atau tidak adanya antigen A dan B pada permukaan sel darah merah dan antibodi dalam serum darah. Seseorang yang darah nya mengandung salah satu atau kedua antibodi ini tidak dapat menerima transfusi darah yang mengandung antigen yang sesuai karena ini akan menyebabkan sel darah merah menggumpal. Orang-orang dari golongan darah O digambarkan sebagai 'donor universal' karena mereka dapat memberikan darah kepada orang-orang dari kelompok darah lain mana pun.

Siapa yang menemukan sistem golongan darah ABO?

Adalah Karl Landsteiner; Golongan darah ABO ditemukan oleh Karl Landsteiner pada tahun 1901, di mana ia menerima Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1930.

Bagaimana Anda menentukan golongan darah ABO Anda?

Tes ABO untuk menentukan golongan darah Anda disebut ABO typing. Sampel darah Anda dicampur dengan antibodi terhadap darah tipe A dan B. Kemudian, sampel diperiksa untuk melihat apakah sel-sel darah menempel atau tidak. Jika sel darah tetap bersatu, itu berarti darah bereaksi dengan salah satu antibodi.

Bagaimana cara kerja metode darah ABO?

Sistem golongan darah ABO, klasifikasi darah manusia berdasarkan sifat-sifat yang diwariskan dari sel-sel darah merah (eritrosit) sebagaimana ditentukan oleh ada atau tidaknya antigen A dan B, yang dibawa pada permukaan sel-sel merah. Dengan demikian, orang dapat memiliki darah tipe A, tipe B, tipe O, atau tipe AB.

Apa arti ABO Rh?

Golongan Darah (ABO / Rh) Golongan darah digunakan untuk menentukan golongan darah seseorang, untuk menentukan apakah seseorang adalah golongan darah A, B, AB, atau O dan apakah ia Rh positif atau Rh negatif. Apa itu golongan darah? Jenis darah didasarkan pada antigen pada permukaan sel darah merah.

Bisakah seorang anak memiliki golongan darah yang berbeda dari kedua orang tua?

Seorang anak dapat memiliki golongan darah yang sama dengan salah satu dari orang tuanya, namun tidak selalu seperti itu. Misalnya, orang tua dengan golongan darah AB dan O dapat memiliki anak dengan golongan darah A atau golongan darah B. Kedua jenis ini jelas berbeda dari golongan darah orang tua!

Comments