Apa macam jenis sistem produksi?


Ada tiga jenis umum sistem produksi dasar: sistem batch, kontinu, dan produksi sistem proyek. Dalam sistem batch, peralatan dan metode untuk keperluan umum digunakan untuk menghasilkan sejumlah kecil output (barang atau jasa) dengan spesifikasi yang sangat bervariasi dari satu batch ke yang berikutnya.

Kuantitas tertentu dari suatu produk dipindahkan secara batch melalui satu atau lebih langkah, dan volume total muncul secara bersamaan pada akhir siklus produksi. Contohnya termasuk sistem untuk memproduksi peralatan mesin khusus atau peralatan konstruksi tugas berat, bahan kimia khusus, dan produk makanan olahan, atau, di sektor jasa, sistem untuk memproses klaim di perusahaan asuransi besar. Sistem produksi batch sering disebut sebagai bengkel kerja.

Dua jenis sistem yang disebutkan sejauh ini sering ditemukan dalam kombinasi. Dalam produksi sirkuit terpadu untuk peralatan elektronik, misalnya, ribuan sirkuit diproses secara batch pada beberapa irisan besar kristal silikon melalui puluhan, atau bahkan ratusan, langkah-langkah pemrosesan. Sirkuit kecil, masing-masing hanya beberapa milimeter di satu sisi, kemudian dipisahkan dan secara individual dirakit dengan elemen sirkuit lain pada garis kontinu untuk menghasilkan produk akhir.

Jenis ketiga dari sistem produksi adalah proyek, atau sistem "satu-shot". Untuk produk tunggal, one-of-a-kind, misalnya, bangunan, kapal, atau prototipe produk seperti pesawat terbang atau komputer besar, sumber daya disatukan hanya sekali. Karena sifat tunggal dari sistem proyek, metode manajemen khusus telah dikembangkan untuk menahan biaya produksi dalam tingkat yang wajar.

Comments