Apa arti Astronomi Aberration dan Optik Aberration?

Optik Aberration

Aberration dalam optik adalah kerusakan pada gambar yang dibentuk oleh lensa atau cermin lengkung. Dalam aberration kromatik, gambar yang dibentuk oleh sebuah lensa (tetapi bukan cermin) memiliki pinggiran warna sebagai hasil dari perbedaan sejauh mana warna yang berbeda dibiaskan dengan kaca.

Koreksi Aberration

Aberration bisa dikoreksi dengan menggunakan lensa achromatic. Dalam spherical aberration, sinar dari objek adalah menjadi fokus dalam posisi yang sedikit berbeda sebagai hasil dari kelengkungan lensa atau cermin. Untuk cermin yang menerima cahaya sejajar dengan sumbunya, ini dapat diperbaiki dengan menggunakan permukaan parabola alih-alih permukaan bola. Spherical aberration dalam lensa diminimalkan dengan membuat kedua permukaan berkontribusi sama terhadap penyimpangan sinar, dan dapat dikurangi (meskipun dengan kecerahan gambar berkurang) dengan menggunakan diafragma untuk membiarkan cahaya hanya melewati bagian tengah lensa.

Astronomi

Dalam astronomi; Aberration adalah perpindahan yang tampak pada posisi bintang sebagai hasil dari gerakan bumi mengelilingi matahari. Cahaya tampaknya datang dari titik yang sedikit tergeser ke arah gerakan bumi. Perpindahan sudut adalah α = v / c, di mana v adalah kecepatan orbit bumi dan c adalah kecepatan cahaya.

Comments